Pengikut

Pengikut

Rabu, 26 Juli 2017

Teks prosedur : Cara mencuci motor dengan benar

TEKS PROSEDUR :
Oleh Uci Kurnia Rahmawati / XI MIPA 2

     Cara Mencuci Sepeda Motor Dengan Benar

> Tujuan
      Sepeda motor sering kita jumpai pada era globalisasi seperti sekarang ini. Hampir semua kalangan telah menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi. Bahkan dalam kondisi cuaca ekstrim pun mereka tetap menggunakan sepeda motor sebagai sarana transportasi yang praktis penggunaannya. Selain itu sepeda motor juga dinilai lebih cepat dibandingkan berkendara menggunakan mobil. Maka dari itu tak sedikit pula kita jumpai kendaraan terutama sepeda motor yang terlihat kusam dan kotor karena sering dipakai dalam segala kondisi. Sehingga kita harus rajin membersihkan sepeda motor agar tidak tampak berdebu atau kusam. Namun tidak semua orang bisa mencuci sepeda motornya dengan benar. Berikut akan saya paparkan beberapa langkah-langkah membersihkan sepeda motor dengan benar.

> Langkah-langkah
1. Siapkan sepeda motor yang akan di cuci
2. Semprot semua badan motor dengan air bersih
3. Pastikan semua badan motor telah basah
4. Usap pada bagian badan motor menggunakan spons basah yang telah dicelup air sabun
5. Untuk bagian yang sulit dijangkau, anda bisa menggunakan sikat gigi bekas atau kuas kecil
6. Bilas menggunakan air bersih
7. Keringkan motor anda menggunakan kain berbahan chamois

    Catatan.
• Jangan menyemprot atau membasahi knalpot saat posisi panas, karena air akan langsung menguap dan debu lebih mudah menempel.
• Pastikan bahwa noda yang lumpur yang menempel pada motor sudah anda lunakkan terlebih dahulu sebelum digosok atau disikat.
• Gunakan sikat yang tidak terlalu kaku agar tidak merusak bodi motor.
• Jangan mencuci motor anda menggunakan sabun colek. Walaupun sekilas terlihat bersih, namun dalam jangka panjang warna bodi motor anda akan memudar atau berkarat jika digunakan pada bagian berlogam.

> Penagasan ulang 
Jika anda menginginkan motor anda selalu terlihat bersih, rutinlah mencuci sepeda motor anda setiap 1 minggu sekali. Dan ikutilah petunjuk pada sabun cuci motor yang anda pakai agar motor anda tetap terjaga kebersihannya.

5 komentar: